Sinusitis


Sinusitis adalah peradangan saluran pada rongga tengkorak yang menghubungkan hidung dan rongga mata. Kata sinusitis itu sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu sinus yang artinya cekungan dan akhiran itis yang berarti radang.

Gejala sinusitis yang biasanya terjadi adalah :

  1. Pilek yang berlangsung lama. Biasanya penderita tidak menyadari dirinya terkena     sinusitis, karena gejalanya sering didahului pilek yang berlangsung lama sehingga      dianggap biasa.
  2. Bila sudah terjadi penumpukan cairan dalam rongga maka kepala menjadi sakit, terutama jika sedang menunduk.
  3. Kadang pendengaran berkurang dan badan meriang, sementara ingus terus mengalir.
  4. Kehilangan nafsu makan dan indera penciuman menjadi lemah.

Penyebab sinusitis :

  1. Hidung tersumbat antara lain disebabkan oleh infeksi virus flu di saat tubuh kurang fit. Infeksi yang menyerang di sekitar hidung dan tenggorokan ini tak jarang menjalar ke sinus (rongga di sekitar hidung yang mengalirkan lendir).
  2. Radang pada rongga hidung ini bisa juga disebabkan oleh cara kita membuang ingus yang salah. Ingus yang seharusnya keluar malah tersedot masuk ke rongga sehingga susah dikeluarkan.dapat disebabkan oleh virus ,bakteri atau jamur.
  3. Kuman yang biasa menyerang adalah Streptococcus pneumoniae dan Haemo philus influenzae yang ditemukan hampir pada 70 % kasus.
  4. Dapat juga disebabkan oleh radang ditempat lain yang berdekatan misalnya radang tenggorokan ,radang Amandel ,radang pada gigi geraham atas ,kadang juga disebabkan karena berenang ,menyelam ,trauma tekanan udara (biasanya pada awak pesawat)
  5. Allergi dapat memperberat penyakit ini, sehingga orang yang memang telah mengidap alergi akan lebih mudah terkena radang sinus ini.

Siapa saja yang rentan terkena sinusitis?

  1. Perokok, karena hawa panas yang dihisap dapat merangsang organ di sekitar hidung sehingga menimbulkan iritasi dan memperbesar kemungkinan timbulnya sinusitis.
  2. Penderita alergi. Perubahan temperatur dan kelembaban yang mencolok dapat mengakibatkan peradangan di dalam hidung yang mungkin merambat ke dalam sinus.
  3. Perenang.
  4. Penderita influenza dan
  5. Mereka yang tinggal di udara kering.

Berikut adalah tips untuk penanganan sinusitis :

  1. Pemberian antibiotik, untuk mengobati infeksi yang terjadi.
  2. Kompres hangat dengan memakai handuk untuk mengurangi nyeri di sekitar wajah.
  3. Tinggal di lingkungan udara yang bersih.
  4. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Banyaklah mengkonsumsi vitamin Capabila dirasa tubuh kurang fit dan rajinlah berolahraga untuk mempertebal daya tahan tubuh kita. Apabila terkena penyakit pilek yang membandel atau serangan flu lebih dari seminggu.
  5. Manfaatkan dengan air panas. Saat mandi, gunakan shower air hangat, usap dahi, hidung dan dagu dengan waslap yang dibasahi air panas, agar lubang hidung terbuka lebar. Rongga hidung yang kering lebih mudah terinfeksi daripada yang basah.
  6. Perbanyak memakan makanan yang pedas, umumnya makanan berbumbu pedas dapat memperlebar lubang hidung.
  7. Usahakan hidung selalu dalam kondisi lembab, terutama tatkala cuaca di luar panas terik.
  8. Perbaiki daya tahan tubuh. Caranya, istirahat yang cukup dan makan panganan yang penuh gizi. kurangi merokok atau kalau bisa berhenti merokok.

Tanaman herbal yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi sinusitis adalah sambiloto. Tanaman ini berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh dan
meluruhkan dahak.

(Sumber : BlueFame member bintang666)

Ditulis dalam Kesehatan
9 comments on “Sinusitis
  1. bayu aditya berkata:

    saya sangat berterima kasih dengan adanya informasi kesehatan yang ada di jayapura blog ini.

    ada beberapapertanyaaan yang berhubungan dengan tema ini.

    gimana kalo hidung yang tersumbat selalu sebelah kiri, dan herannya selalu tersumbat baik pagi siang dan malam.
    hidung saya ini bisa plong, tidak tersumbat jikalau saya tidur miring ke kanan.
    tapi kalo berdiri lagi pasti hidung sebelah kiri buntu lagi.

    apa ini termasuk sinusitis??

  2. Heru berkata:

    Untuk mas bayu aditya

    apa ini termasuk sinusitis?? terus terang saya g berani memfonis itu sinusitis/bukan karena saya bukan dokter/orang kesehatan, untuk itu maafkanlah saya.

    Kalau di lihat dari gejalanya memang menyerupai sinusitus, tapi yang berhak memfonis itu sinusitis/bukan adalah dokter atau ahli kesehatan yang lebih memahami seluk beluk sinusitis.
    Ciri-ciri sinusitis akut bisa dengan terasa adanya tekanan di kening, di pipi, atau daerah antara mata. Hidung yang selalu terasa penuh, demam dan sakit gigi juga bisa mengindikasikan adanya sinusitis.

    Saran saya mas bayu cek ke dokter untuk memastikan itu sinusitis/bukan krn mereka yg lebih mengerti biar ada kepastian. dan coba buka situs2 kesehatan untuk konsultasi.

    ini ada beberapa situs siapa tahu bisa menolong
    http://www.mediasehat.com/tanyajawab.php?nomerkonsultasi=661
    http://www.trubus-online.com/mod.php?mod=diskusi&op=viewdisk&did=151
    http://www.medicastore.com/cybermed/detail_pyk.php?idktg=15&iddtl=55
    http://portal.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?x=Hembing&y=cybermed%7C0%7C0%7C8%7C82

  3. sari berkata:

    saya penderita sinusitis berat tanpa terasa. 3 tahun yl. seorang teman saran agar saya ke dokter THT. Hasil CTscan menunjukkan bahwa kondisi saya parah dan harus opearsi segera. Dokter memerlukan waktu 4,5 jam (dia sendiri tidak menduga akan selama itu ) untuk mengoperasi saya. Dokter juga menemukan banyak polip di rongga hidung saya. Setelah operasi saya merasa badan lebih baik, tidak terlalu sering pusing lagi.
    Menurut dokter, kemungkinan besar saya menderita sinusitis sejak kecil karena alergi. Wah..wah..
    Riwayat kesehatan saya memang full alergi.
    Jadi meski sudah dioperasi, tetap saja saya menderita sinusitis jika terpapar alergen (paling terasa adalah alergi debu dan kelembaban udara)
    Untuk rekan-rekan penderita sinusitis: jangan kuatir, tetap optimis. Berkat Tuhan saya menemukan buku yang dikarang ol seorang dokter dr Harvard Univ.tentang sinusitis yang sangat membantu. Salah satu saran adalah rutin melakukan irigasi hidung dengan larutan garam memakai semacam alat yang dinamakan netipot . Sekarang saya menemukan cara saya sendiri. Tiap hari saya irigasi hidung dengan larutan infus NaCl (bisa dibeli di apotik RS), dengan selang kecil saya dengan mudah bisa melakukannya. Biasanya lendir yang terjebak di dalam akan keluar dan rasa pening, bengkak di wajah dll segera berkurang.

    makasih mbak sari udah berknenan mampir di blog saya, makasih juga, udah nambahkan informasi yg bermanfaat bagi pembaca lain nya.

  4. sari berkata:

    Tambahan comment saya(panjang amat ya..hehe..):
    Saat ini pertanyaan yg masih mengganjal adl. Jika saya bekerja terlalu lelah, terutama jika begadang sampai pagi di depan komputer (maklum saya sedang studi lanjutan, banyak tugas paper) . Maka lendir yang muncul adalah berupa darah (tentu pening dan agak demam berhari-hari). Saya sudah berusaha mencari tahu lewat internet atau konsul dokter. Tetapi belum mendapat jawaban yang pasti.
    Nah barangkali rekan-rekan ada yang mengetahui?
    Tolong ya. Terima ksih banyak.
    God bless us
    gpp walau panjang komentarnya, halaman nya masih cukup koq he he, semoga cepat mendapatkan kan kesembuhan.

  5. linda berkata:

    wah,,,
    Stelah saya bca informasi di atas, saya jadi lebih tau banyak tentang penyakit sinusitis.
    Karena saya juga menderita penyakit ini.
    Saya punya pertanyaan.
    Kepala saya terkadang sering tiba-tiba sakit apakah itu pengruh dari penyakit sinusitis ini ?
    Mohon di jawab ya.

    terima kasih mbak linda udah berkenan mampir di blog saya…
    trs terang saya tdk berani menjawab pertanyaan mbak linda karena saya bukan pakar sinusitis/orang kesehatan, takutnya nanti malah menyesatkan… saran saya, ada baiknya bila mbak linda langsung konsultasi sama doktor ahli supaya mendapatkan solusi yang tepat. saya minta maaf jika jawaban saya kurang berkenan…

  6. mifta berkata:

    mksh bgt mas.brguna bgt n bs mmbrkn optimisme pd pdrita sinusitis.ad yg saya tanyakan.klo saya konsumsi micin/es/sari manis hidung saya selalu penuh ini tergolong apa y?trmksh.tlg djwb dsni n d email saya.thanx berat

  7. […] TIPS KESEHATAN TENTANG SINUSITIS Sinusitis […]

  8. Yoseph Tan Tjandra berkata:

    permisi,

    sy sakit sinus jg.

    Ciri”nya mirip skali di atas.

    – kepekaan utk mencium kurang
    – nafas bau :p (dr dlm mulut)
    – alergi : bulu kucing , merpati , debu , rokok , parfum , minyak goreng kalao panas dll..

    Yg mau di tanya adakah kesempatan sembuh ???

    Obat yg efektif apa ??

    Dokter yg bagus ??

    Thx sebelumnya :DD

    GBU

  9. kadek wirawan berkata:

    makasi info tentang penyakit.klo bsa pnjlasannya lebih rinci lagi

Tinggalkan Balasan

Kesalahan: Twitter tidak merespons. Tunggulah beberapa menit dan perbarui halaman.

Top Posts & Halaman
